SURABAYA (radarjatim.id) – Platform TikTok Indonesia menantang para kreator dan pengguna TikTok untuk membuat konten pintar dan edukatif. Konten TikTok terbaik akan mendapatkan hadiah penghargaan dan uang pembinaan senilai total Rp 400 juta.
Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia, menjelaskan, pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan dan sangat memberikan dampak yang besar untuk generasi muda.
Para siswa, mahasiswa, bahkan profesional harus belajar dan bekerja dari rumah dalam jarak relatif jauh. Platform dan media dalam jaringan (daring) atau online menjadi tumpuan utama untuk tetap terkoneksi.
Meski demikian, kondisi ini ternyata tak menghalangi generasi muda untuk tetap berbuat positif dan terus mengembangkan hidup mereka.
“Walaupun kondisi demikian, menurut laporan Global Millennial Survey 2020 dari Deloitte, lebih dari 70 persen millennials dan generasi Z mengatakan, bahwa pandemi telah menginspirasi mereka untuk mengambil langkah positif guna mengembangkan hidup mereka,” ujar Angga dalam pemaparannya via Zoom, Rabu (7/10/2020).
Oleh karenanya, TikTok Indonesia pun terdorong untuk turut ambil bagian menjadi platform bagi generasi muda dalam menginspirasi dan membagikan beragam konten positif. TikTok yang telah mendapatkan tontonan hingga lebih dari 20 miliar views, meluncurkan sebuah
kompetisi terbaru, dengan tagar utama #TikTokPintar yang menjadi bagian dari kampanye #SamaSamaBelajar.
“TikTok berkomitmen mendukung generasi muda untuk saling menginspirasi dan berkreasi dalam membuat konten berbasis edukasi dan informasi terutama di provinsi Jawa Timur,” ujar Angga.
Kompetisi #TikTokPintar dimulai pada 1 Oktober sampai dengan 28 Oktober 2020. Kompetisi ini bisa diikuti oleh user kreator dengan usia di atas 17 tahun, dengan menguplod video berisikan edukasi, dengan tema beragam bebas, mulai tutorial, bisnis, science, hobi dan lain-lain. Klip yang diunduh juga wajib disertai tagar atau hashtag #TikTokPintar dan #SamaSamaBelajar.
Nantinya, bagi kreator terbaik yang karyanya terpilih akan mendapatkan medali dan uang pembinaan dengan total Rp 400 juta. Panitia akan memilih juara 1 hingga ke 3.
“Silakan untuk menyiapkan konten paling pintar dan bermanfaat. Bisa juga tentang hobi mudah dan diterima semua umur. Program ini adalah
upaya kami berkontribusi positif sekaligus supaya menginspirasi satu sama lain,” ujar Angga.
Sementara Ira Mirawati, seorang Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus
user/Kreator TikTok mengatakan, program ini menjadi kesempatan bagus
bagi user dengan kreativitas tinggi. Dia mengaku merasa puas dan lega bila konten buatannya berhasil diterima dan menjadi ilmu baru bagi viewers.
“Awalnya saya sendiri ikut gabung Tiktok untuk memfasilitasi mahasiswa
saya selama pandemi. Ternyata setelah mencoba membuat konten, banyak
mereka yang menerima manfaat dan menanggapi positif. Nah, kompetisi
ini bagus untuk kita berlomba-lomba bikin konten pintar,” tandasnya.
(Phaksy/Red)







