SURABAYA (Radarjatim.id) – Astra Financial aktif mendukung pertumbuhan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Astra Financial, merupakan divisi jasa keuangan dari PT Astra International Tbk. Ikut meramaikan Bulan Inklusi Keuangan (BIK), bersama tujuh unit bisnis di Financial Expo 2025. Digelar selama empat hari pada 23-26 Oktober 2025, berada di Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur.
Astra Financial bersama tujuh unit bisnisnya, di Financial Expo 2025. Antara lain, FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, Bank Saqu, dan AstraPay.

Astra Financial menjangkau 40 ribu penerima manfaat di 27 provinsi. Dengan menghadirkan informasi mengenai layanan dan prosedur dalam mengakses layanan keuangan. Hingga beragam program dan promo menarik dihadirkan. Seperti kuis berhadiah jutaan rupiah, Stand Up Comedy, hingga program lelang iPhone 17 di Finexpo 2025.
Partisipasi ini menjadi bentuk nyata komitmen berkelanjutan Astra Financial. Dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, melalui Finexpo 2025. Menjadi puncak rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK), yang diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Presiden Direktur PT Sedaya Multi Investama, Hugeng Gozali, menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas inisiatif OJK. Dalam penyelenggaraan Finexpo 2025, untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat.
”Astra Financial turut hadir mendukung inisiatif positif. Diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan meningkatnya pemahaman dan juga kemudahan akses keuangan bagi mereka. Hal ini sejalan dengan misi Astra Financial. Untuk menjadi Mitra Keuangan, bagi Kesejahteraan Masyarakat Indonesia,” jelasnya.
Selain melalui kegiatan Finexpo 2025, Astra Financial juga secara aktif, bersama seluruh 13 unit bisnisnya. Turut menghadirkan berbagai program edukatif, untuk mendorong peningkatan literasi keuangan.
Salah satu program unggulan yang dilakukan adalah Kreasi Literasi Keuangan (KliK) Astra Financial. Dengan menargetkan guru yang berpartisipasi di dalam acara tersebut, dapat berperan sebagai agen perubahan. Dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.
Menurut Hugeng, aksi nyata yang juga dilakukan oleh Astra Financial dalam mendorong literasi keuangan. Dengan melaksanakan beragam program edukatif, yang telah menjangkau lebih dari 40 ribu penerima manfaat di 27 provinsi di Indonesia.
“Sementara itu, Astra Financial juga memiliki 976 kantor cabang di seluruh Indonesia. Serta terus mengembangkan layanan digital. Diharapkan dapat memberikan kemudahan akses keuangan bagi masyarakat luas. Sekaligus mendukung peningkatan inklusi keuangan nasional,” kata Hugeng.
Selama empat hari penyelenggaraan Finexpo 2025, masyarakat berkesempatan mendapatkan informasi mengenai layanan dan prosedur. Dalam mengakses layanan keuangan, hingga beragam promo menarik yang menguntungkan. Berada di booth Astra Financial.
Selain itu, terdapat permainan yang bisa diikuti oleh pengunjung. Untuk meningkatkan pemahaman mengenai layanan keuangan dan berkesempatan mendapatkan merchandise khusus dari Astra Financial.
Pada kegiatan tersebut, Head of Environment, Social, and Governance (ESG) Astra Financial, Wioko Yudhantara, berharap masyarakat dapat memahami produk dan layanan keuangan dari Astra Financial.
”Melalui kolaborasi tujuh unit bisnis, Astra Financial hadir memberikan One Stop Financial Services, yakni kemudahan akses layanan keuangan yang terhubung di dalam satu ekosistem Astra Financial. Mulai dari pembiayaan atau kredit, asuransi, bank digital, hingga electronic money. Booth Astra Financial menyediakan informasi produk dan layanan yang lengkap, sehingga pengunjung dapat memahami layanan,” ungkapnya.
Selain itu, Astra Financial juga menghadirkan program spesial, diselenggarakan pada Minggu (26/10). Mulai dari kuis berhadiah jutaan rupiah, Stand Up Comedy, hingga program lelang iPhone 17, spesial dihadirkan selama Finexpo 2025. (R9)







