SURABAYA (Radarjatim.id) – Dalam rangka mendukung Inklusi Disabilitas dan mempermudah layanan, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Surabaya menerbitkan Kartu Disabilitas, juga sebagai kartu identitas multifungsi untuk penyandang Disabilitas.
KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya, menerbitkan 1000 Kartu Disabilitas untuk memaksimalkan layanan kepada penggunanya. Ini menjadi pilihan utama transportasi bagi berbagai kalangan masyarakat.
KAI Commuter terus berinovasi dalam meningkatkan layanannya. Kartu Disabilitas mencerminkan kenyataan bahwa, selain pengguna rutin, penyandang disabilitas juga mengandalkan Commuter Line untuk mobilitas sehari-hari.
Sebelumnya, kartu ini resmi diluncurkan pertama kali pada 14 Februari 2025 di Jakarta, diikuti oleh seluruh wilayah operasional lainnya seperti Wilayah 6 Yogyakarta, Wilayah 2 Bandung, dan hari ini di Wilayah 8 Surabaya.
Dengan peluncuran Kartu Disabilitas di Wilayah 8 Surabaya, layanan khusus untuk pengguna dengan disabilitas kini dapat dinikmati di seluruh wilayah layanan operasional KAI Commuter.
Khusus di Wilayah 8 Surabaya, KAI Commuter secara simbolis meluncurkan dan mensosialisasikan fasilitas layanan tersebut di Stasiun Surabaya Gubeng pada Jumat, 14 Maret 2025, oleh Direktur Utama Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto.
Disampaikan oleh Asdo Artriviyanto, bahwa penambahan layanan ini merupakan konsistensi KAI Commuter dalam meningkatkan layanan kepada pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya, khususnya pengguna dengan disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.
“Dengan adanya masukan dan saran terkait banyaknya penyandang disabilitas pengguna Commuter Line yang tidak mendapatkan prioritas karena kesulitan komunikasi kondisi mereka kepada penumpang lain dan tidak terlihat secara fisik, maka KAI Commuter menghadirkan Kartu Disabilitas ini,” jelas Asdo.
Asdo juga menambahkan bahwa peningkatan layanan ini juga sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang Penyandang Disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.
Pengguna disabilitas dapat memperoleh Kartu Disabilitas dengan mendaftar secara online melalui tautan https://shorturl.at/YSm6d.
Setelah proses verifikasi, petugas akan menghubungi pengguna untuk proses pengambilan Kartu Disabilitas di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Malang, Stasiun Blitar, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Lamongan.
Sebelumnya, KAI Commuter juga telah meluncurkan layanan khusus disabilitas melalui nomor 081296605747 yang sudah ada sejak akhir tahun 2019. Dengan menghubungi nomor tersebut, pengguna dengan disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun saat akan naik menggunakan Commuter Line.
Tercatat, sepanjang tahun 2024 lalu, sebanyak 883 pengguna disabilitas memanfaatkan fasilitas tersebut. Angka tersebut meningkat 19 persen dibandingkan tahun 2023, yang tercatat sebanyak 741 pengguna.
“KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk peduli dengan memberikan kursinya kepada pengguna berkebutuhan khusus, seperti disabilitas dan penumpang prioritas lainnya,” tutup Asdo Joni Martinus, VP Corporate Secretary KAI Commuter. (R9)







