SURABAYA (RADARJATIM.ID) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya terus berinovasi untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Kali ini kantor Imigrasi Surabaya dibawah Chicco A Muttaqin meluncurkan layanan SIPENJAWAB (Aplikasi Penjawab Otomatis Whatsapp).
Layanan Si Penjawap, ini sebagai inovasi terbaru yang dapat memudahkan masyarakat untuk bertanya banyak hal tentang seputar keimigrasian melalui whatsapp. Inovasi ini berawal dari banyaknya pertanyaan melalui aplikasi whatsapp dari masyarakat setiap hari yang bisa mencapai ratusan bahkan ribuan pertanyaan.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Chicco A Muttaqin mengatakan dengan hadirnya inovasi ini akan lebih memudahkan masyarakat dalam urusan keimigrasian. “Meskipun predikat WBK tahun 2019 dan WBBM tahun 2020, kami tetap akan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Karena itu sudah menjadi komitmen kami, ” kata Chicco A Muttaqin saat membuka kegiatan sosialisasi Aplikasi Penjawab Otomatis Whatsapp (SIPENJAWAP) di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Kamis (26/8/2021).
Kabid Teknologi Informasi Komunikasi Keimigrasian, selaku penggagas inovasi Guntur Sahat Hamonangan, selaku penggagas inovasi SIPENJAWAB menambahkan selama ini pertanyaan masyarakat tentang ke imigrasian tidak semuanya terjawab di hari yang sama. Sebab operator bekerja sesuai jam kerja, sehingga ketika ada petanyaan sore hari atau diluar jam kerja dijawab sehari berikutnya.

Banyaknya pertanyaan juga membuat petugas sedikit kewalahan, sehingga menyebabkan keluhan masyarakat mengenai lambatnya respons. “Kadang ada keluhan yang bilang bahwa admin imigrasi lambat merespon pertanyaan seputar paspor dan jam kantor, padahal admin ( Imigrasi,Red ) juga kewalahan karena banyaknya pertanyaan apalagi banyak pertanyaan yang sama” kata Guntur, panggilan akrab Guntur Sahat Hamonangan.
Dengan layanan SIPENJAWAB maka tidak hanya membantu masyarakat, juga akan membantu dan mempermudah petugas Imigrasi ketika ada pertanyaan melalui whatsapp. “Ini ( Si Penjawap ) lebih mudah, masyarakat tinggal bertanya sesuai dengan yang sudah diberi hashtag, nanti sudah langsung dijawab karena layanan ini 24 jam sehari dan seterusnya. Kecuali ada pertanyaan diluar hashtag, nanti akan dijawab manual oleh admin ( imigrasi ),” tegas mantan Kabid Doklantalkim Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam ini.
Pihaknya berhsarap layanan Sipenjawab dapat memudahkan masyarakat agar tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Imigrasi dan bisa mendapatkan respon cepat dari petugas. “Jika masyarakat ingin menggunakan layanan Sipenjawab caranya cukup mudah tinggal mengunduh aplikasi whatsapp bagi yang belum memiliki. Kemudian mendaftarkan nomor berikut ini 08222888341 dan langsung bisa menggunakan layanan ini, ” tutupnya. (RJ1/RED)







