SIDOARJO (RadarJatim.id) — Sebanyak 74 siswa kelas 6 SD Al-Falah Darussalam 2 International Class Program (ICP) Tropodo Waru Sidoarjo telah menjalani ujian Cambridge Primary Checkpoint selama tiga hari, tepatnya (8-10/10/2025).
Sebelumnya juga telah dilakukan persiapan-persiapan yang sangat matang, pembinaan mulai awal tahun ajaran baru hingga jelang pelaksanaan.
Menurut Kepala SD Al Falah Darusaalam 2 Waru, Ustadzah Juniati, bahwa Road to Checkpoint yang di lakukan setiap Selasa itu sebagai simulasi dari ujian Checkpoint yang sebenarnya, sehingga siswa terbiasa dengan format ujian dan pengelolaan waktu.
Sementara itu, kelas pembinaan Superintensif Checkpoint memberikan kesempatan untuk meninjau soal-soal tahun sebelumnya dan mengulang materi penting. “Kedua kegiatan ini mendorong siswa untuk belajar secara konsisten dan membantu membangun rasa percaya diri mereka,” jelasnya.
“Selain itu diadakan doa bersama dan bakti sosial di Pondok Pesantren At-Tauhid Waru. Untuk menambah ikhtiar maksimal ujian checkpoint,” terang Ustadzah Juniati.
Fellah, salah satu siswa kelas 6 merasa optimis dengan hasil Cambridge Checkpoint ini.
“Saya telah mempersiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh dan rutin untuk menghadapi ujian Cambridge Checkpoint ini. Soal-soal tesnya sulit, namun tidak terlalu jauh dari latihan yang sudah saya coba. Semoga hasilnya sesuai harapan” doanya.
Adapun ujian ini dilakukan untuk implementasi Cambridge Curriculum di tingkat kelas paling akhir yaitu stage 6. Fokus hanya 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua (English as a Second Language), Mathematic, dan Science.
“Selesai ujian, kami akan kirim jawaban siswa ke Cambridge Inggris, mereka yang akan mengkoreksi dan menilai, lalu dikembalikan ke Indonesia berupa sertifikat kelulusan besertas hasil penilaian dan analisisnya,” jelas Mufida, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.
“Checkpoint adalah wujud perjuangan dan kerja keras yang selama ini siswa kami telah lakukan,” tambah Febtry, Pengawas ujian Checkpoint di SD Al-Falah Darussalam 2.(mad)







