SURABAYA (Radarjatim.id) – PT Asia Pramulia (ASPRA), menggelar Associate Gathering. Menjalin sinergitas dengan mitra dan pelanggan. ASPRA adalah produsen kemasan plastik terkemuka asal Jawa Timur. Berdiri mulai dari tahun 1991, perusahaan berbasis di Surabaya ini, terus memperkuat posisinya di industri kemasan nasional.

ASPRA siap bersaing di Pasar Global, terbukti berhasil tumbuh signifikan di setiap tahunnya. Industri kemasan nasional, yang memberikan kontribusi terhadap Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). Pabrik yang strategis dan mempunyai fasilitas teknologi terbaik. Ada dua Pabrik, yaitu Pabrik di Surabaya seluas lebih dari satu hektar, dan Pabrik di Pasuruan, seluas lebih dari lima hektar, yang menjadi tulang punggung produksinya.
ASPRA dilengkapi mesin injection berteknologi robot IML, alat pemasang induction otomatis, dan alat lipat tutup otomatis. Unit mesin blow di kedua lokasi telah memiliki alat uji kebocoran otomatis dan alat pemasang stiker. Infrastruktur modern ini mendukung produksi beragam kemasan plastik berkualitas tinggi berbahan PET, PP, HDPE, dan LDPE.
Produk ASPRA mencakup botol, toples, kemasan cat, galon air PET bebas BPA, serta perlengkapan industri. Produk-produk ini melayani sektor AMDK, minuman berperisa, minyak goreng, biskuit, farmasi, kosmetik, kimia, dan hasil laut.

Melalui Associate Gathering, ASPRA menjalin sinergitas dengan mitra dan pelanggan. Selain itu, kedepannya merencanakan peningkatan kapasitas produksi sebesar 30 persen. Langkah ini ditempuh dengan menambah unit mesin baru berteknologi terkini.
Ekspansi kapasitas difokuskan pada segmen kemasan minuman, makanan, cat, kosmetik, kimia, dan farmasi. Peningkatan ini diharapkan berkontribusi pada pertambahan pendapatan perusahaan sekitar 30 persen.
ASPRA dikenal dengan layanan pendukung pelanggan. Layanan Aspralicious memfasilitasi, titip jual produk pelanggan yang menggunakan kemasan ASPRA. Sementara AspraGo, menyediakan mobile training bagi UMKM. Untuk meningkatkan daya saing produk mereka.
Direktur Utama ASPRA, Ricky Winoto, menyampaikan perkembangan perusahaan. Ia menegaskan, acara seperti itu merupakan bentuk apresiasi dan upaya menjaga kedekatan dengan mitra bisnis.
“Acara ini ke depannya sebisa mungkin akan menjadi acara rutin setiap beberapa tahun untuk lebih mendekatkan antara perusahaan dan mitra, baik pelanggan maupun pemasok. Acara ini juga sekaligus memberikan apresiasi kepada pelanggan loyal Perusahaan,” ujar Ricky Winoto.
Menurut Ricky Winoto, terkait rencana penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO). ASPRA, yang telah memiliki tata kelola perusahaan yang baik, secara terbuka menyatakan opsi Go Public sedang dipertimbangkan.
“Untuk rencana IPO atau tidak, saat ini perusahaan telah memiliki tata kelola yang baik. Sehingga, tidak menutup kemungkinan kami mengarah ke sana. Namun, hal tersebut masih dalam diskusi internal Perusahaan,” jelas Ricky Winoto.
Pernyataan ini menegaskan posisi ASPRA sebagai salah satu perusahaan manufaktur Jawa Timur. Hal ini matang dan mulai mempersiapkan langkah strategis, menuju pasar modal. Persiapan peningkatan kapasitas produksi dan penguatan tata kelola menjadi landasan penting menuju potensi IPO tersebut.
Kesiapan ASPRA menjadi sinyal positif bagi iklim investasi dan dunia usaha di Jawa Timur, khususnya di sektor manufaktur kemasan plastik. (R9)







