SURABAYA (Radarjatim.id) – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) terus memperkuat komitmennya, dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan nasional. Dengan berpartisipasi aktif di Financial Expo 2025 (FinExpo 2025), bagian dari rangkaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) dan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN), yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Tahun ini, Surabaya menjadi tuan rumah FinExpo 2025. Menyusul hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang menunjukkan indeks inklusi keuangan Jawa Timur, mencapai 92,99 persen, sementara indeks literasi keuangannya masih 55,32 persen. Kondisi ini menegaskan perlunya edukasi yang lebih masif, agar masyarakat dapat mengelola akses keuangan secara optimal.
Prudential Indonesia, dalam acara ini menghadirkan berbagai aktivitas edukatif. Termasuk talkshow bersama influencer, Ribut Santoso. Membahas pentingnya perencanaan keuangan dan proteksi asuransi, sebagai fondasi kehidupan yang berkelanjutan.
Selain itu, Prudential juga menggelar Cuap Gathering Surabaya bertema “Personal & Content Branding in the Digital Era: Turn Content into Winning Strategy”, menghadirkan Stefani Angelia (Cinfung), seorang content creator muda.
Acara ini diikuti oleh peserta berusia 17–35 tahun, mulai dari mahasiswa, first jobbers, hingga ibu rumah tangga. Untuk belajar membangun personal branding dan menciptakan konten digital yang berdampak positif.
Melalui kegiatan ini, Prudential memperkenalkan program Cuap bareng Prudential, yang mengajak generasi muda menjadi Cuapers — komunitas kreator. Untuk menyebarkan edukasi keuangan lewat media sosial, dengan cara yang ringan dan menyenangkan.
“Generasi muda adalah motor perubahan. Melalui Cuap bareng Prudential, kami ingin membantu mereka mengelola keuangan dengan lebih cerdas, memahami pentingnya proteksi diri dan keluarga, sekaligus menjadi agen perubahan finansial di komunitas mereka,” ujar Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia.
Hingga Oktober 2025, lebih dari 1.600 Cuapers aktif telah bergabung dan menjangkau masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Sejak 2024 hingga Agustus 2025, inisiatif literasi keuangan Prudential Indonesia telah menjangkau lebih dari 62 juta masyarakat. Mencakup anak muda, perempuan, pelaku UMKM, hingga kelompok disabilitas.
“Literasi keuangan tidak bisa dilakukan sendirian. Hanya melalui kolaborasi antara regulator, sektor swasta, dan masyarakat. Kita dapat membangun ekosistem finansial, yang kuat dan berkelanjutan,” tambah Karin.
Dengan semangat “For Every Life, For Every Future”, Prudential Indonesia terus berkomitmen. Menghadirkan solusi perlindungan dan pemberdayaan finansial yang inklusif, agar masyarakat Indonesia dapat meraih masa depan yang lebih aman, sehat, dan sejahtera. (R9)




