SURABAYA (RadarJatim.id) – Upaya meningkatkan kompetensi guru, khususnya guru PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Pendidikan) yang terkait dengan penulisan ilmiah, guna meningkatkan keterampilannya dalam publikasi ilmiah dan kualitas pembelajaran.
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani, FIKK (Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan) Universitas Negeri Surabaya, melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), PJOK SMP se Kota Mataram, telah memberikan pelatihan penulisan ilmiah, pada (28/5/2025) pagi, di Vaganza Room Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram.
Ketua Panitia Kegiatan Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd menjelaskan kegiatan tersebut mengambil judul “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Pendidikan Jasmani Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PJOK di Kota Mataram”.
“Dengan harapan para guru-guru PJOK, selain menguasai keterampilan dalam mengelola pembelajaran, juga meningkatkan kemampuan meneliti dan menulis publikasi ilmiah,” harap Dr. Heryanto.
Diikuti sebanyak 80 peserta yang terdiri dari guru-guru PJOK SMP di Kota Mataram, serta beberapa perwakilan Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK SD.
Penguasaan aspek penulisan ilmiah dan publikasi ini sangat penting bagi guru, selain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran juga agar guru terbiasa menggunakan data untuk membuat suatu keputusan terkait anak didiknya.

Hal tersebut disampaikan oleh Naufal aldian, ST selaku Kabid GTK Dinas Pendidikan Kota Mataram yang hadir sekaligus membuka acara.
Erwan Praseyo Utomo, S.Pd., M.Pd selaku Ketua MGMP PJOK Kota Mataram juga menyampaikan bahwa kerjasama seperti ini harus terus dilakukan agar kompetensi professional guru semakin meningkat.
Dr. Heryanto juga menegaskan kalau kerjasama seperti ini tidak berhenti sampai di sini, namun akan dilaksanakan secara berkelanjutan.
“Program berikutnya adalah implementasi kerjasama terkait studi lanjut guru-guru PJOK Kota Mataram, untuk melanjutkan ke jenjang S2 maupun S3 Pendidikan Jasmani FIKK Unesa,” tegasnya.(mad)