MALANG (RadarJatim.id) Kelompok Ellison Creative mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah berkolaborasi dengan Sui Farm Malang untuk merancang event edukasi yang dikemas secara kreatif dan inovatif.
Sebelum merealisasikan program yang telah dirancang, Ellison Creative melakukan riset lapangan dan wawancara untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada pada Sui Farm baik internal maupun eksternal. Dari penelitian tersebut, mereka menemukan solusi komunikatif yang cocok untuk target audiens melalui event yang akan diselenggarakan.
Hasil penelitian mereka akan dipresentasikan sebagai Penilaian Tengah Semester (PTS) kepada Sui Farm dan dosen UMM. Acara presentasi tersebut biasa disebut “pitching klien” yang dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2024 di Resto Sambat Luwe. Presentasi dihadiri oleh kedua dosen Praktikum Public Relations 3, yaitu Jamroji S.Sos, M.Comms, dan Maharina Novia Zahro M.Ikom.
“Melalui kolaborasi ini, diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan untuk menjadi peluang besar di dunia kerja terlebih jika sudah mempunyai pengalaman praktis di bidang Public Relations,” kata Jamroji.
Kelompok Ellison creative mempresentasikan rancangan event dengan sangat antusias dan menarik ditambah atribut yang mereka kenakan. Event yang akan dilaksanakan meliputi pra event (Sui Fun!), main event (Funtastic Zoo!), dan pasca event (#SerunyaSuiFarm). Event ini telah mencakup apa yang dibutuhkan oleh Sui Farm dan target audiens.
Kolaborasi tersebut mendapatkan sambutan baik dari kedua pihak. Rizal selaku penanggung jawab Sui Farm dan Rendra selaku Manager Sui Farm mengucapkan terima kasih dengan adanya kolaborasi ini.
“Semoga program kreatif dari teman-teman Ellison bisa membantu Sui Farm agar lebih kenal oleh masyarakat luas. Serta dengan berbagai masukan yang diberikan oleh dosen membuat kami intropeksi kinerja di masa mendatang,” ucap Rizal.
Kolaborasi ini diharapkan menjadi awal dari kerjasama yang erat dan produktif antara Program Studi Ilmu Komunikasi UMM dan Sui Farm. Melalui kolaborasi ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis, tetapi juga dapat berkontribusi dalam mengembangkan strategi dan program yang menarik untuk Sui Farm. Kolaborasi ini menjadi bukti nyata sinergi antara dunia pendidikan dan industri pariwisata dalam membangun masa depan yang lebih inovatif dan kreatif. (HUM/RED)