SIDOARJO (RadarJatim.id) — Dalam penulisan artikel ilmiah, baik yang disubmit ke Jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi akademisi, baik bagi guru, dosen, maupun mahasiswa terutama pascasarjana. Oleh sebab itu perlu ada pelatihan-pelatihan secara rutin, hingga bisa dipahami dengan baik oleh guru.
Milhat kondisi tersebut, Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan (Pengabdian Kepada Masyarakat) dalam bentuk pelatihan karya tulis ilmiah bereputasi di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Sidoarjo mulai, tanggal 31 Agustus 2023, dan dilanjutkan proses pendampingan selama satu bulan, baik secara Daring maupun Luring.
PKM Unesa Diketuai oleh Dr. Lilik Anifah dan anggotanya Dr. Hapsari Peni, Endryansyah S.T., M.T., dan Parama Diptya Widayaka S.T., M.T dan prosesi kegiatan dibuka langsung oleh Waka Kurikulum MAN Sidoarjo, Farikah Hanum, S.Pd bersama Dr. Lilik Anifah di Aula MAN Sidoarjo.
Adapun untuk proses pelatihan diawali dengan membahas tentang bagaimana kiat menulis karya ilmiah, terutama artikel yang akan disubmit pada Jurnal Nasional maupun Internasional, dan materi disampaikan oleh Hapsari Peni dan Lilik Anifah menyampaikan materi tentang bagaimana penelusuran jurnal, indeksasi dan bagaimana bagian-bagian dari artikel.
Menurut Lilik Anifah, kegiatan PKM ini bertujuan untuk membantu guru-guru MAN Sidoarjo dalam menulis artikel, yang nanti akan disumbit dalam Jurnal Internasional terindeks dan Jurnal Nasioanal bereputasi SINTA. “Disamping itu juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya Guru MAN Sidoarjo,” jelasnya.
Dalam pelatihannya, peserta mengaku sangat bermanfaat, karena diharapkan dapat membantu dalam menuliskan artikel ilmiah sesuai dengan bidang masing-masing peserta. Antusias peserta ditandai dengan keaktifan peserta, dan hasil survey pada akhir acara. “Harapan dari kegiatan PKM ini adalah dapat membantu Bapak-Ibu Pengajar dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam menuliskan karya tulis ilmiah,” harap Lilik Anifah.(mad)