SURABAYA (RadarJatim.id) – Sebanyak 10 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Studi Sistem Informasi dari Kelompok 4 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur menggelar program edukasi Coding kepada siswa kelas 5A SD Negeri Medokan Ayu 1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur Surabaya, Jumat (24/11/2023).
Kegiatan ini turut didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Siti Mukaromah, S. Kom. M.Kom. serta beberapa dosen prodi dan wali kelas 5A. Sementara program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan siswa tentang pentingnya ilmu teknologi informasi dan logika komputer di era digitalisasi masa kini.
Coding merupakan proses pemberian perintah atau kode pada mesin komputer yang dituliskan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Tujuannya untuk menciptakan suatu sistem yang dapat memudahkan kegiatan dari berbagai sektor, baik bisnis, pendidikan, kesehatan dan lainnya.
Rohmat Ubaidillah, Ketua pelaksana kegiatan KKN ini menyampaikan bahwa perlunya mendekatkan anak-anak khususnya dari tingkat sekolah dasar dengan ilmu coding. Hal itu penting untuk memberikan gambaran bagaimana ilmu coding ini memberikan peranan utama dalam perkembangan teknologi digital.
Program kegiatan ini mengusung konsep bermain sambil belajar sebagai strategi edukasi interaktif. Materi yang diberikan seputar percabangan if-else dan perulangan for-while. Langkah positif ini diharapkan dapat mengajak siswa dalam menerapkan materi secara langsung dengan cara yang menyenangkan. Ada dua jenis permainan bola berkelompok yang masing-masing menerapkan logika if-else dan for-while.
Pada permainan pertama penerapan logika if-else, mahasiswa mengambil bola secara acak yang kemudian diperlihatkan dan memberikan perintah berdasarkan warna bola kepada siswa. Sedangkan pada permainan kedua penerapan logika for-while, mahasiswa menentukan warna bola di setiap kelompok yang kemudian masing-masing siswa dalam satu kelompok secara bergantian mengambil bola di dalam kardus tertutup sesuai instruksi warna yang telah ditentukan. Siswa yang tidak berhasil mengikuti instruksi akan mengulang dengan mundur ke barisan belakang.
Nasywa Zahira Mahasiswa KKN lainnya mengungkapkan, kedua permainan itu memberikan pengalaman yang berbeda pada siswa usai proses pembelajaran materi indoor. “Selama permainan mereka sangat enjoy, interaktif, dan mudah menangkap instruksi dari teman saya sebagai pemandu game. Ditambah ada bonus hadiah buat mereka yang kompak dan paling responsif”.
Selain itu, melalui program kegiatan ini siswa juga diajarkan tentang nilai percaya diri ketika diminta untuk menjawab pertanyaan saat kegiatan pembelajaran materi indoor. “Diharapkan program ini bisa terus dilakukan untuk mengembangkan generasi digital yang peka terhadap peranan teknologi,” pungkasnya.
Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang UPN ‘Veteran’ Jawa Timur, dapat mengunjungi situs resmi mereka di [https://www.upnjatim.ac.id](https://www.upnjatim.ac.id). Informasi lebih lanjut tentang kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dapat ditemukan di [https://lppm.upnjatim.ac.id](https://lppm.upnjatim.ac.id), sementara informasi khusus terkait Fakultas Ilmu Komputer dapat diakses melalui [https://fasilkom.upnjatim.ac.id/](https://fasilkom.upnjatim.ac.id/). Untuk detail lebih lanjut mengenai Program Studi Sistem Informasi, kunjungi [https://sisfo.upnjatim.ac.id/](https://sisfo.upnjatim.ac.id/) (RJ/RED)