SIDOARJO (RadarJatim.id) — Upaya meningkatkan siswanya untuk menjadikan siswa yang semangat ‘Gambaru’. Siswa yang pejuang keras, gigih dalam berusaha untuk meraih prestasi. SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo telah menghadirkan Guru Tamu dari Jepang, pada (23/4/2025) pagi.
Kegiatan yang terprogram dalam tema ‘Culture Sharing Session’ bersama guru tamu/Volunteer dari Jepang’. Mereka adalah Sachiko Takeya sensei, Mitsuko Nishiwaki sensei, dan Kyouko Itai sensei yang berkenan untuk sharing tentang budaya Jepang. Seperti game kuis bahasa Jepang melalui layar videotron dan belajar cara membuat dan etika minum teh/ Sadou.
Kehadiran mereka untuk Memantik Semangat ‘Gambaru’ dalam belajar Bahasa Jepang. Para siswa merasa senang mengikuti kegiatan ini. “Guru tamu dari Jepang dapat menumbuhkan semangat Gambaru, untuk selalu berusaha keras, pantang menyerah, dan melakukan yang terbaik,” tutur Kepala SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo, Dra. Mariya Ernawati, MM.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pengalaman dan memantik semangat belajar serta penguatan rasa persatuan dan kebhinekaan global,” tegas Bu Mariya_sapaan akrabnya.
Ia terangkan kalau SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo terus berinovasi dan berkolaborasi dalam peningkatan prestasi, semangat, dan wawasan siswa tidak hanya dengan lingkungan sekitar namun terus melangkah ke level nasional maupun internasional.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengasah skills bahasa asing di SMK Negeri 2 Buduran, seperti pemberian materi bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Mandarin, dan bahasa Jepang. “Diharapkan nantinya siap mengirimkan siswa untuk magang maupun kerja di luar negeri,” harapnya.
Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Direktur LPK Sumber Jasa Kreatif, Ibu Susan bersama Bapak Nur Wahid dan Bapak Andri yang telah memfasilitasi pelatihan bahasa Jepang dalam mempersiapkan lulusan SMK Negeri 2 Buduran magang maupun kerja ke Jepang.

“Insya Allah tahun ini akan berangkat 7 siswa ke Jepang. Mohon doa semuanya, agar bisa sukses dan menjadi inspirasi bagi adik-adik kelasnya,” doa Bu Mariya.(mad)